Tips Merawat Komputer

Posted by Eddy Wijaya Sabtu, 16 Februari 2013 6 komentar


Tips merawat komputer, Topik inilah yang akan saya bahas kali ini. Banyak pengguna komputer yang sering menyepelekan perawatan terhadap komputer. Hingga pada akhirnya hal tersebut dapat berakhir pada kerusakan Software maupun Hardware komputer. Lalu bagaimana cara kita menjaga agar komputer kita tetap awet ? Berikut saya akan memberikan beberapa Tips Merawat Komputer kepada anda semua.


Sering-seringlah lakukan Defrag pada Harddisk
Proses defrag adalah proses untuk mengurutkan kembali file-file yang ada didalam harddisk berdasarkan jenisnya dan kategori tertentu. Dengan melakukan proses ini, akan membuat kerja processor lebih mudah dalam melakukan read/write data dan berujung pada umur harddisk yang awet.
Berikan ruang ventilasi yang cukup
Perhatikanlah peletakan komputer anda, mulai dari peletakan Monitor, Cpu, Printer, dll. Usahakan agar ada jarak antara komponen-komponen tersebut. Penjarakan tersebut sangatlah berguna, karena apabila peletakan komponen komputer tidak memiliki jarak yang cukup jauh alhasil akan menyebabkan panas yang berlebih pada komponen komputer anda. Dengan demikian maka bukanlah tidak mungkin akan memperpendek umur komponen tersebut.
Gunakan UPS atau sejenisnya
Guna UPS disini adalah untuk mengantisipasi listrik yang padam. Karena apabila komputer langsung mati tanpa melalui proses Shut down, maka hal tersebut akan berpengaruh kepada harddisk kita.
Tutuplah Program yang tidak terpakai
Tutuplah program-program yang sudak tidak digunakan. Hal ini berguna untuk menurunkan kerja RAM, karena setiap program yang berjalan akan menggunakan kapasitas memory pada RAM. 
Instal Antivirus pada komputer anda
Hal ini juga yang perlu anda lakukan. Selain masalah-masalah teknis seperti diatas, komputer juga perlu diperkuat oleh antivirus. Untuk melindungi serangan virus yang datang baik saat anda mencolok flashdisk maupun saat anda melakukan browsing. Dan yang paling penting adalah gunakan Antivirus Terbaik untuk komputer anda.
Bersihkan Recycle Bin
Bila anda menghapus suatu file dari komputer anda, sebenarnya file tersebut tidak langsung hilang melainkan ditampung oleh Recycle Bin. Hal ini dilakukan bila suatu saat anda membutuhkan file yang sudah anda hapus tadi. Jadi anda bisa langsung meRestore file tersebut dari Recycle Bin. Namun bila file dalam Recycle Bin terlalu banyak maka akan berpengaruh juga terhadap kerja harddisk, sehingga membuat proses read/write data menjadi lebih lama.
Dari beberapa tips mengenai Cara Merawat Komputer ada baiknya bila anda coba terapkan dengan disiplin, untuk memaksimalkan kerja komputer anda. Semoga Bermanfaat :)

6 komentar:

Eddy Wijaya mengatakan...

Test

Anonim mengatakan...

ikut coba, keren aku suka warnanya dan letak bannernya!

Unknown mengatakan...

beuh keren sob..
izin sedot yah sob :)

Unknown mengatakan...

Mantab sobat Trimakasih

Anonim mengatakan...

Iya hapus isi direcycle bin bisa memperluas disk space,, bikin enteng juga..

Kusnadi mengatakan...

Kalo listrik mati tiaba-tiba apa merusak ?

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman